Menapaki Sejarah Masjid Tertua di Pulau Bali, Salah Satunya Masjid Huda di Desa Gelgel yang Menyimpan Segudang Misteri, Begini Ceritanya!

Menapaki Sejarah Masjid Tertua di Pulau Bali, Salah Satunya Masjid Huda di Desa Gelgel yang Menyimpan Segudang Misteri, Begini Ceritanya!

Ilustrasi masjid-RiZeLLi/pixabay-

Renovasi dan Keindahan Masa Kini

Seiring berjalannya waktu, Masjid Nurul Huda mengalami beberapa kali renovasi pada tahun 1970-an hingga menjadi megah seperti yang kita lihat saat ini.


Salah satu peninggalan bersejarah dari masa Majapahit adalah mimbar masjid yang terbuat dari ukiran kayu jati.

Baca juga: Wacanakan Pembentukan Provinsi Muria Raya Sebagai Daerah Otonomi Baru, Aspirasi Para Bupati Jawa Tengah Bagaimana?

Mimbar ini dihias dengan motif daun dan tumbuh-tumbuhan, yang merupakan salah satu ciri seni Islami yang melarang penggunaan gambar makhluk bernyawa.


×

Menara Masjid yang Megah

Tak hanya itu, masjid ini juga memiliki sebuah menara yang menjulang setinggi 17 meter. Menara ini menjadi penanda kehadiran Islam di Bali dan menjadi salah satu keindahan arsitektur yang masih lestari hingga saat ini.

Baca juga: Harapan Para Bupati Terhadap Pemekaran Provinsi Jawa Tengah, Mewacanakan Muria Raya Sebagai Daerah Otonomi Baru, Udah Yakin?

Kehidupan Harmonis

Meskipun mayoritas penduduk Bali menganut agama Hindu, kehidupan antara pemeluk agama Hindu dan Islam di pulau ini tampak damai dan harmonis.

Ini adalah contoh nyata bagaimana perbedaan agama bisa bersatu dalam kerukunan sosial yang indah.

Baca juga: Bukan di Jakarta! Skytrain Pertama di Indonesia Bakal ada di Kalimantan Timur dengan Rute Sepanjang 14,6 Km Didukung 100 Persen oleh Negeri Sakura Jepang

Jadi, ketika Anda mengunjungi Desa Gelgel di Bali, jangan lewatkan untuk mengunjungi Masjid Nurul Huda yang kaya sejarah ini.

Itu adalah langkah balik ke masa lalu yang akan memberikan Anda wawasan mendalam tentang perjalanan Islam di Pulau Bali.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU