Wacanakan Pembentukan Provinsi Muria Raya Sebagai Daerah Otonomi Baru, Aspirasi Para Bupati Jawa Tengah Bagaimana?

Wacanakan Pembentukan Provinsi Muria Raya Sebagai Daerah Otonomi Baru, Aspirasi Para Bupati Jawa Tengah Bagaimana?

Ilustrasi kota-Pfüderi/pixabay-

Redaksi.co.id - Wacanakan Pembentukan Provinsi Muria Raya Sebagai Daerah Otonomi Baru, Aspirasi Para Bupati Jawa Tengah Bagaimana?

Provinsi Jawa Tengah, atau yang akrab disebut Jateng, kini tengah berada dalam sorotan karena wacana pemekaran wilayah yang menarik.


Wacana ini mengusulkan pembentukan tiga provinsi baru di tengah pulau Jawa. Salah satu dari tiga provinsi baru yang diusulkan adalah Provinsi Muria Raya, yang akan menjadi daerah otonomi baru hasil pemekaran Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Bukan di Jakarta! Skytrain Pertama di Indonesia Bakal ada di Kalimantan Timur dengan Rute Sepanjang 14,6 Km Didukung 100 Persen oleh Negeri Sakura Jepang

Baca juga: LINK Nonton Ohsama Sentai King-Ohger Episode 28 Sub Indonesia, Streaming Hanya di TV Asahi Bukan Telegram


×

Baca juga: Wisata Kuliner Malam di Jogja Dekat UGM, Cek 5 Tempat Makan Berkualitas untuk Anda dan Keluarga, Apa Pilihan Anda?

Wacana menarik ini bermula dari sebuah video yang beredar, meskipun hingga saat ini moratorium DMOB (Daerah Otonomi Baru) belum dicabut oleh Pemerintah Pusat.

Dalam wacana ini, terdapat rencana pembentukan total sembilan provinsi baru di Pulau Jawa, dengan kabupaten dan kota menjadi bagian integral dari perubahan tersebut.

Di Provinsi Jawa Tengah, wacana pemekaran tersebut lebih rinci, dengan pembentukan tiga provinsi baru yang mengemuka.

Pertama, Provinsi Daerah Istimewa Surakarta (Provinsi DIS). Kedua, Provinsi Banyumasan. Dan yang ketiga, Provinsi Muria Raya atau Provinsi Jawa Utara.

Untuk Provinsi Muria Raya, ada enam kabupaten yang bersiap untuk bergabung dan memisahkan diri dari Provinsi Jawa Tengah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU