Nyata Bikin Melongo! Setelah 10 Tahun, Provinsi Baten Akhirnya Lakukan Pemekaran dan Jadikan Daerah Seluas 164 Km Ini Jadi Ibukotanya

Nyata Bikin Melongo! Setelah 10 Tahun, Provinsi Baten Akhirnya Lakukan Pemekaran dan Jadikan Daerah Seluas 164 Km Ini Jadi Ibukotanya

daerah-tom-fisk/pexels-

Kabupaten Tangerang Utara akan mencakup 13 kecamatan di bagian utara Kabupaten Tangerang.

Wilayah ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Teluk Jakarta di timur, Provinsi DKI Jakarta di selatan (termasuk Kota Administratif Jakarta Barat dan Jakarta Utara), serta dengan Kabupaten Serang, Provinsi Banten, di barat.


Dari 13 kecamatan yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Tangerang Utara, tujuh di antaranya memiliki kawasan pesisir, seperti Kronjo, Kemiri, Mauk, Sukadiri, Pakuhaji, Teluknaga, dan Kosambi.

Diantara kecamatan-kecamatan tersebut, Kecamatan Kosambi memiliki posisi yang sangat strategis, karena berbatasan dengan Kota Tangerang (termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta) serta dengan wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Kawasan utara Kabupaten Tangerang, yang dikenal sebagai Pusat Pertumbuhan Teluknaga, merupakan wilayah pesisir yang memprioritaskan pengembangan industri pariwisata alam dan bahari, industri maritim, perikanan, pertambakan, dan pelabuhan.


×

Proses pemekaran wilayah dan pembentukan Provinsi Tangerang Raya atau daerah otonom baru (DOB) masih memerlukan pemenuhan persyaratan dasar, seperti luas wilayah minimal, jumlah penduduk minimal, batas wilayah, cakupan wilayah, dan batas usia minimal daerah Kabupaten/Kota dan Kecamatan.

Selain itu, kapasitas daerah juga dinilai oleh Tim Kajian Independen yang menjadi bahan pertimbangan Pemerintah Pusat, dengan parameter seperti geografi, demografi, keamanan, sosial politik, adat dan tradisi, potensi ekonomi, keuangan daerah, serta kemampuan penyelenggaraan pemerintahan.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU