9 Wilayah Ini Putuskan Pilih Berpisah dari Jawa Tengah, Semarang Gak Masuk Daerah Baru Ternyata Pilih Bergabung Kesini Seluas 34,337 Km

9 Wilayah Ini Putuskan Pilih Berpisah dari Jawa Tengah, Semarang Gak Masuk Daerah Baru Ternyata Pilih Bergabung Kesini Seluas 34,337 Km

daerah-neosiam/pexels-

 

Daerah yang saat ini tengah mendapatkan isu mengenai adanya pemekaran wilayah yakni Jawa Tengah semakin hangat dibahas. Sama halnya dengan sejumlah daerah lainnya yang juga mendapatkan kabar mengenai adanya provinsi yang diwacanakan akan melakukan pemekaran. 

Bagi Anda yang belum mengetahui salah satu wacana mengenai adanya provinsi yang akan melakukan pemekaran sudah senter dibahas. Provinsi baru yang akan dibentuk di Jawa Tengah yakni Provinsi Banyumasan, Provinsi Muria Raya atau Jawa Selatan, dan Provinsi Daeah Istimewa Surakarta.


Sementara itu, Bupati Banyumasan Achmad Husein seperti kurang setuju dengan adanya pemekaran Jawa Tengah dan mengenai pembentukan provinsi Jawa tengah. Hal ini dikarenakan adanya pemborosan uang yang akan terjadi jika dilakukan pemekaran. 

Namiun jika pemakaran hanya terjadi pada sejumlah wilayah saja misalnya wilayah Banyumas saja maka bupati Banyumas bisa mempetimbangkan hal tersebut. 

Baca juga: Pentingnya Mengambil Belokan Kiri di Terminal Krisak: Jadi Rute Alternatif Dari Ponorogo ke Yogyakarta untuk Perjalanan Cepat!


×

Baca juga: Rahasia Lima Lokasi Paling Kaya di Jawa Timur Sudah Terungkap: Surabaya Termasuk Salah Satunya tapi Bukan Juara, Lantas Siapa Pemenangnya?

Sama halnya seperti adanya rencana mengenai pemekaran Banyumas yang mana akan dijadikan tiga kabupaten yakni Kabupaten Banyumas Barat, Kabupaten Banyumas Timur, dan Kota Purwokerto.

Pemekaran wilayah yang dilakukan Jawa Tengah tentu saja akan memudahkan bagi pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan dan memudahkan birokrasi pelayanan. 

Kabarnya wacana ini masih dalam pertimbangan dan kemungkinan akan segera terealisasi. Jika benar akan terjadi maka Jawa Tengah hanya akan ada 3 kota dan 10 kabupaten yang akan tersisa yakni Kota Salatiga, dan Kota Pekalongan.

Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan.

Kemudian, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Demak, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU