Jadi Gini Wir! Pemekaran Sulawesi Utara Ini Bakal Buat 2 Provinsi Baru Seluas 108,98 Km Bikin Melotot Banyak Daerah yang Keluar?

Jadi Gini Wir! Pemekaran Sulawesi Utara Ini Bakal Buat 2 Provinsi Baru Seluas 108,98 Km Bikin Melotot Banyak Daerah yang Keluar?

desa-rodrigo/pexels-

Setelah proses pemisahan terwujud, luas wilayah Provinsi Bolaang Mongondow Raya akan mencapai 7.569,71 kilometer persegi. Dengan populasi mencapai 619.240 jiwa, yang didapat dari hasil sensus penduduk BPS tahun 2022.

Visi di balik pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya adalah mewujudkan keseimbangan dalam pembangunan dan memperpendek jangkauan layanan pemerintahan.


Baca juga: Bukan di Surabaya! Pabrik Kertas Berusia 84 Tahun di Jawa Timur ini Resmi Bangkrut Akibat Terlilit Hutang, Padahal Dulunya Terkenal se-ASEAN!

Pendekatan ini dianggap selaras dengan grand desain penataan daerah, seperti yang diutarakan oleh mantan Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Hary Sarundajang.

Meskipun, kita tak boleh melupakan bahwa Provinsi Sulawesi Utara memiliki luas wilayah mencapai 14.500 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 2,5 juta jiwa, berdasarkan data BPS tahun 2019.


×

Walaupun langit pembentukan dua provinsi baru ini masih tertutup oleh moratorium DOB yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat, persiapan dan antusiasme tetap terus menggelinding.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU