Niat Akselerasikan Sektor Perekonomian, Pemekaran Wilayah di Jawa Timur Segera Dimantapkan! Warga Jatim Harus Tahu, Cikal Bakal Provinsi Baru!

Niat Akselerasikan Sektor Perekonomian, Pemekaran Wilayah di Jawa Timur Segera Dimantapkan! Warga Jatim Harus Tahu, Cikal Bakal Provinsi Baru!

pemekaran-pexels.com/@Nick-Wehrli-pexels.com/@Nick-Wehrli

Baca juga: TOK! Kemendikbud Sebut Mahasiswa Tidak Harus Skripsi Untuk Lulus, Bisa Diterapkan di Semua Universitas? Begini Aturannya

2. Provinsi Jawa Selatan atau Mataraman:


Wilayah ini mencakup Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, serta beberapa kota seperti Kediri, Blitar, Madiun, dan Magetan.

Ibukota provinsi ini diwacanakan akan berada di Kota Kediri.

3. Provinsi Madura:


×

Provinsi Madura yang terpisah geografisnya dari Pulau Jawa memiliki usulan wilayah pemekaran yang mencakup Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumenep, dan Kota Pamekasan.

Kota Pamekasan menjadi kandidat untuk menjadi ibu kota provinsi ini.

Baca juga: Kriuk! Ini Dia Resep Pangsit Goreng Gurih dan Renyah, Camilan Favorit yang Cocok Dimakan Pakai Lauk Apapun!

Walaupun wacana pemekaran wilayah menjadi 3 provinsi baru di Jawa Timur telah menjadi topik perbincangan hangat, perlu dicatat bahwa ini masih dalam tahap wacana.

Pemekaran wilayah memerlukan persiapan yang matang dan pemenuhan syarat-syarat administratif sesuai regulasi yang berlaku.

Selain itu, keputusan ini juga harus mempertimbangkan dampak dari segi ekonomi, infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan bagi masyarakat yang akan terkena dampaknya.

Seperti biasanya, pemekaran wilayah adalah peristiwa yang kompleks dan memerlukan pemahaman mendalam tentang kondisi setempat serta rencana yang matang.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU