Peta Perubahan! Rencana Pembentukan Tiga Provinsi dari Sulawesi Selatan Melalui Proses Pemekaran dan Integrasi Wilayah!

Peta Perubahan! Rencana Pembentukan Tiga Provinsi dari Sulawesi Selatan Melalui Proses Pemekaran dan Integrasi Wilayah!

pemekaran-Jorge2015/pixabay-

Provinsi Tana Toraja

Kisah pamungkas kita adalah Provinsi Tana Toraja, sebuah wacana menarik tentang pemekaran dari Sulawesi Selatan. Tidak hanya menggabungkan kabupaten, tetapi juga mempertemukan dua provinsi, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, dalam satu panggung baru yang menakjubkan.


Tiga kabupaten, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Mamasa, menjadi pionir dalam perjalanan Provinsi Tana Toraja. Sementara Mamasa mewakili keberanian dari Sulawesi Barat.

Baca juga: Kudus Kota Soto Makin Berjaya dan Tindas Semarang Usai Perusahaan Raksasa se-Indonesia Berikan 100 Miliar untuk Buat Stadion FIFA Dari Bekas Lapangan Desa

Melengkapi langkah ini, Kabupaten Tana Toraja akan mempersembahkan Kota Makale dan Kabupaten Toraja Barat. Tak ketinggalan, Kabupaten Toraja Utara juga berdiri gagah dengan Kabupaten Toraja Barat.


×

Semua pandangan tertuju pada Kota Makale atau Kabupaten Tana Toraja sebagai ibu kota yang mendebarkan. Proses pemekaran ini membuka babak baru dalam peta Indonesia dengan wilayah Sulawesi Selatan yang masih mencakup luas wilayah 17.721 kilometer persegi.

Pemekaran ini juga mengubah dinamika penduduk, dengan populasi Sulawesi Selatan yang mencapai lebih dari 5 juta jiwa atau sekitar 65 persen dari sebelumnya.

Daerah-daerah seperti Kota Makassar, Pinrang, Barru, Enrekang, Pangkep, Maros, Takalar, Jeneponto, Selayar, Bantaeng, Pare-pare, dan Gowa, tetap eksis dalam perjalanan provinsi yang menginspirasi ini.

Dengan begitu, Indonesia semakin kaya dengan keberagaman provinsi-provinsi baru yang mengukir cerita unik dan menarik dalam sejarahnya.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU