Arek Jatim Iki Mesti Ngerti! Legenda Gunung Semeru Paling Terkenal Ternyata Bukan Berasal dari Jawa, Melainkan India?

Arek Jatim Iki Mesti Ngerti! Legenda Gunung Semeru Paling Terkenal Ternyata Bukan Berasal dari Jawa, Melainkan India?

semeru-mochamad-ari/unplash-

Redaksi.co.id - Arek Jatim Iki Mesti Ngerti! Legenda Gunung Semeru Paling Terkenal Ternyata Bukan Berasal dari Jawa, Melainkan India?

Puncak Gunung Terbesar di Jawa Timur Ini Dipercaya Bisa Buat Keajaiban, Jaraknya Hanya 35,5 Km dari Malang Simak Legenda Gunung Semeru


Erupsi gunung Semeru yang baru-baru ini melanda masih meninggalkan luka yang mendalam.

Tragedi tersebut telah merenggut banyak nyawa, termasuk kisah pilu Rumini, yang memilih untuk bertahan bersama ibunya saat bencana alam itu melanda, namun akhirnya keduanya pun meninggalkan dunia ini.

Tak hanya karena tragedi ini, gunung Semeru memiliki cerita legenda yang sangat menarik.


×

Ternyata, gunung tertinggi di Indonesia ini memiliki asal usul yang unik, yang bukan berasal dari tanah Jawa, melainkan dari India. Bagaimana mungkin? Ayo, kita simak cerita legenda ini lebih lanjut.

Baca juga: Gunung Terbesar di Pulau Jawa Setinggi 3,367 Mdpl Ini Awalnya Bukan Terletak di Jawa Timur, Hah Masa? Legenda Terbentuknya Gunung Semeru yang Wajib Kamu Tahu!

Menurut kisah yang tercatat dalam kitab kuno bernama Tantu Panggelaran, Semeru tidak berasal dari Jawa seperti yang banyak orang pikir.

Pada awalnya, Jawa bukanlah daratan yang tetap, melainkan mengambang di lautan. Keadaan ini membuat pulau tersebut terguncang-guncang, menciptakan ketidakstabilan yang mengkhawatirkan.

Melihat hal ini, para dewa merasa perlu untuk menjaga agar Jawa bisa menjadi tempat yang stabil dan tidak lagi mengambang.

Baca juga: Nonton (BTTH S5 Ep 60 Sub Indo) Battle Through the Heavens Season 5 Episode 60 Subtitle Indonesia, Cek Info Jadwal Lengkapnya & Cara Streaming

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU