Pemekaran Wilayah di Pulau Sulawesi, Pembentukan 8 Provinsi Baru? Berjarak 174 Kilometer dari Kota Makassar!

Pemekaran Wilayah di Pulau Sulawesi, Pembentukan 8 Provinsi Baru? Berjarak 174 Kilometer dari Kota Makassar!

Ilustrasi kota-Pexels/pixabay-

Redaksi.co.id - Pemekaran Wilayah di Pulau Sulawesi, Pembentukan 8 Provinsi Baru? Berjarak 174 Kilometer dari Kota Makassar!

Pulau Sulawesi, destinasi yang selalu menarik untuk dijelajahi, kembali membuat gebrakan dengan rencana pemekaran wilayah yang menarik perhatian.


Salah satu kawasan yang menjadi fokus utama adalah Kabupaten Bone, terletak sekitar 174 kilometer dari Makassar, ibukota Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca juga: TERBARU! Link Baca Manhwa Skip And Loafer Chapter 54 Bahasa Indonesia, Simak Preview Lengkap Chapter 54 Bukan Komikcast Tapi Disini

Baca juga: Ingin Tahu Lebih tentang Pemekaran? Telusuri Daerah Paling Sukses di Sulawesi Barat Lewat Informasi Lengkapnya di Tulisan Ini!


×

Kabupaten yang berpotensi menjadi ibukota Provinsi Bugis Timur ini menawarkan luas wilayah mencapai 4.559 kilometer persegi, menjadikannya kabupaten terluas ketiga di dalam Provinsi Sulawesi Selatan.

Dengan populasi sekitar 819.590 jiwa pada tahun 2023 menurut data dari BPS, Kabupaten Bone menjadi wajah yang semakin berwarna di peta Indonesia.

Pemekaran wilayah ini telah menghasilkan 27 kecamatan, 44 kelurahan, dan 328 desa yang semuanya memiliki kisah dan pesona sendiri.

Baca juga: Lidah Buaya untuk Rambut Lebih Subur, Mengupas Mitos dan Kegunaan Tradisional dalam Merawat Rambut, Cek Sekarang!

Pemandangan menawan Kabupaten Bone terletak di sebelah timur Kota Makassar, dengan koordinat 4° 13’- 506’ Lintang Selatan dan antara 119° 42’-120° 30’ Bujur Timur.

Wilayah yang memiliki batas dengan Kabupaten Wajo dan Kabupaten Soppeng di utara, dan bertemu dengan Teluk Bone di sebelah utara, semakin memberikan aura petualangan bagi siapa pun yang berkunjung.

Tidak hanya itu, perjalanan mengelilingi Kabupaten Bone akan membawa kita ke batasannya yang lain. Di sebelah barat, kabupaten ini bertetangga dengan Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, dan Kabupaten Barru. Sedangkan di sisi selatan, Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Gowa berdiri sebagai penjaga batas yang ramah.

Namun, tidak hanya Kabupaten Bone yang memiliki kisah menarik dalam rencana pemekaran wilayah. Provinsi Sulawesi Selatan sendiri mengalami transformasi yang mengagumkan.

Dalam perkembangan terbaru, tiga provinsi baru telah bergabung dengan provinsi lain, membentuk pola baru di peta Indonesia.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU