Pemekaran Wilayah di Pulau Sulawesi, Pembentukan 8 Provinsi Baru? Berjarak 174 Kilometer dari Kota Makassar!

Pemekaran Wilayah di Pulau Sulawesi, Pembentukan 8 Provinsi Baru? Berjarak 174 Kilometer dari Kota Makassar!

Ilustrasi kota-Pexels/pixabay-

Meskipun demikian, perjuangan untuk pemekaran wilayah Sulawesi Selatan belum berakhir. Meski moratorium DOB (Daerah Otonomi Baru) masih diberlakukan oleh Pemerintah Pusat, semangat untuk mewujudkan rencana ini tetap terus berkobar.

Salah satu wacana menarik adalah pembentukan Provinsi Muna Raya dari wilayah Sulawesi Tenggara. Kabupaten Muna dan Kabupaten Muna Barat menjadi tonggak awal bergabungnya dua kabupaten dalam Provinsi Muna Raya.


Dengan rencana pemekaran lebih lanjut yang akan membentuk Kota Raha dan tiga kabupaten baru, yakni Kabupaten Muna Timur, Kabupaten Muna Utara, dan Kabupaten Muna Selatan.

Baca juga: 174 Km dari Makassar! Kabupaten Ini Mantap Jadi Ibukota Provinsi Baru Pemekaran Sulsel, Jangan Heran Wilayahnya Cuma 11,300 Km

Baca juga: Persiapan MUSIM Liburan! Cek Daftar 4 Desa Wisata Terbaik di Mojokerto, Cocok Jadi Rekomendasi Berwisata Bersama Keluarga dan Orang Terdekat, di Mana Lokasinya?


×

Jangan lupakan juga wacana menarik tentang Provinsi Tana Toraja. Di tengah keindahan alamnya, wilayah ini juga tengah merencanakan pemekaran menjadi provinsi baru.

Kota Makale dan Kota Rantepau akan menjadi bagian dari provinsi ini, bersama Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, Kabupaten Toraja Barat, dan bahkan Kabupaten Massa dari Provinsi Sulawesi Barat. Kota Makale diharapkan akan menjadi pusat kegiatan pemerintahan di masa mendatang.

Dengan segala rencana menarik ini, pulau Sulawesi semakin menjadi tumpuan cerita perubahan dan perkembangan. Dari Kabupaten Bone yang siap mengambil peran baru hingga Provinsi Tana Toraja yang mengukir rencana baru di tengah-tengah keindahannya.

Total delapan provinsi baru, muncul dari perjalanan panjang pemekaran wilayah di Pulau Sulawesi, membawa cerita unik dan semangat kebangkitan yang tak dapat diabaikan.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU