BERSIAP! Berjarak Ratusan KM dari Makassar, Wacana Pemekaran Wilayah Pulau Sulawesi Bakal Terealisasikan dan Terbentuk Delapan Provinsi Anyar?

BERSIAP! Berjarak Ratusan KM dari Makassar, Wacana Pemekaran Wilayah Pulau Sulawesi Bakal Terealisasikan dan Terbentuk Delapan Provinsi Anyar?

Ilustrasi-hbieser/pixabay-

Demi pengetahuanmu, luas wilayah Kabupaten Bone di Sulawesi Selatan mencapai 4.559 kilometer persegi. Selain itu, ada 27 kecamatan, 44 kelurahan, dan 328 desa yang meramaikan kabupaten ini.

Namun, kini ada kabar terbaru! Pemekaran wilayah Sulawesi Selatan merambah lebih jauh dengan pembentukan tiga provinsi baru yang akan bergabung dengan provinsi lainnya.


Meskipun moratorium DOB (Daerah Otonomi Baru) masih bertahan, semangat pemekaran wilayah di Sulawesi Selatan tetap berkobar. Ini tentu saja adalah bukti semangat luar biasa dalam mencapai tujuan.

Salah satu wacana menarik adalah pembentukan Provinsi Muna Raya yang akan melahirkan provinsi baru dari Sulawesi Tenggara atau Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Gunung Terbesar di Pulau Jawa Setinggi 3,367 Mdpl Ini Awalnya Bukan Terletak di Jawa Timur, Hah Masa? Legenda Terbentuknya Gunung Semeru yang Wajib Kamu Tahu!


×

Namun, tahukah kamu bahwa baru ada dua kabupaten yang bergabung dalam rencana Provinsi Muna Raya ini? Kabupaten Muna dan Kabupaten Muna Barat menjadi bagian darinya.

Kabupaten Muna sendiri berencana untuk memekarkan diri lebih jauh dengan membentuk satu kota dan tiga kabupaten baru. Dan tak ketinggalan, Kota Raha berdiri gagah sebagai calon ibu kota Provinsi Muna Raya di pemekaran wilayah Sulawesi Tenggara.

Tak hanya itu, kabupaten-kabupaten DOB juga bergabung dalam kisah menarik ini. Kabupaten Muna Timur, Kabupaten Muna Utara, dan Kabupaten Muna Selatan turut meramaikan panggung perubahan ini.

Jalan terakhir dalam perjalanan kita membaca adalah Provinsi Tana Toraja. Ya, kabar terbaru mengusulkan pembentukan Provinsi Tana Toraja sebagai hasil dari pemekaran Sulawesi Selatan yang luar biasa.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU