Menggagas Pemekaran Provinsi Jawa Tengah, Garap Misi Besar Para Kepala Daerah di Kawasan Muria Raya, Begini Kata Bupati!

Menggagas Pemekaran Provinsi Jawa Tengah, Garap Misi Besar Para Kepala Daerah di Kawasan Muria Raya, Begini Kata Bupati!

Ilustrasi kota-jarmoluk/pixabay-

Redaksi.co.id - Menggagas Pemekaran Provinsi Jawa Tengah, Garap Misi Besar Para Kepala Daerah di Kawasan Muria Raya, Begini Kata Bupati!

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang akrab disebut sebagai Jateng, tengah menggelar serangkaian wacana menarik mengenai pemekaran wilayahnya.


Kabarnya, rencana ini akan membentuk tiga provinsi baru yang menarik, dan salah satunya adalah Provinsi Muria Raya. Sebuah daerah otonomi baru yang akan melahirkan sejarah baru bagi wilayah Jawa Tengah.

Baca juga: Bukan di Jakarta! Skytrain Pertama di Indonesia Bakal ada di Kalimantan Timur dengan Rute Sepanjang 14,6 Km Didukung 100 Persen oleh Negeri Sakura Jepang

Baca juga: Melimpah Ruah! Rekomendasi 5 Es Dawet Durian Terfavorit di Semarang yang Pasti Membuat Anda Terkagum-kagum, Hayuk Mampir!


×

Baca juga: LINK Nonton Kamen Rider Gotcard Episode 1 Sub Indonesia, Tayang Perdana Gratis Hanya di Situs Legal Ini

Meskipun moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) masih berlaku menurut kebijakan Pemerintah Pusat, semangat perubahan tetap berkobar di Jateng.

Kabar terkait rencana ini menyebutkan bahwa ada ide untuk membentuk total sembilan provinsi baru di Pulau Jawa, termasuk di dalamnya kabupaten-kabupaten dan kota-kota yang akan berdiri secara mandiri.

Di Provinsi Jawa Tengah, sendiri, kita disuguhkan dengan rencana yang mencakup tiga provinsi baru: Provinsi Daerah Istimewa Surakarta (DIS), Provinsi Banyumasan, dan tentunya Provinsi Muria Raya alias Provinsi Jawa Utara.

Khusus untuk Provinsi Muria Raya, terdapat keenam kabupaten yang bersiap untuk bergabung dan menjadi bagian integral dari provinsi baru ini.

Kabupaten-kabupaten tersebut adalah Kudus, Pati, Blora, Grobogan, Rembang, dan Jepara. Rencananya, ibukota Provinsi Muria Raya akan berlokasi di Kabupaten Kudus.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU