Fakta Unik! Ini Dia Lima Daerah di Sulawesi Tenggara yang Memiliki Jumlah Penduduk Kurang Beruntung Terbanyak

Fakta Unik! Ini Dia Lima Daerah di Sulawesi Tenggara yang Memiliki Jumlah Penduduk Kurang Beruntung Terbanyak

Ilustrasi kota-MagicTV/pixabay-

Redaksi.co.id - Fakta Unik! Ini Dia Lima Daerah di Sulawesi Tenggara yang Memiliki Jumlah Penduduk Kurang Beruntung Terbanyak.

Sulawesi Tenggara, salah satu provinsi Indonesia yang memiliki sekitar 309,79 ribu jiwa penduduk miskin pada tahun 2023, menunjukkan tantangan yang serius dalam upaya mengatasi kemiskinan.


Data Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa kemiskinan tersebar di 17 wilayah di Sulawesi Tenggara, yang terdiri dari 15 kabupaten dan 2 kota.

Baca juga: Memahami Lima Daerah Sulawesi Tenggara yang Paling Terpukul oleh Kemiskinan: Nomor Satu Tidak Seperti yang Dibayangkan!

Baca juga: Bukan di New Zealand The Hidden of Paradise Ternyata ada di Sulawesi Selatan! Desa Cantik ini Punya 9 Tenda Kemping Lengkap dengan kaca dan Tirai, Cukup 70 Km dari Makassar!


×

Sementara daerah yang ada di puncak peringkat jumlah penduduk miskin justru tidak dipegang oleh Kabupaten Buton seperti yang mungkin diharapkan.

Mari kita lihat daftar lima daerah dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Sulawesi Tenggara beserta perkembangan data dari tahun ke tahun:

5 Daerah dengan Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Sulawesi Tenggara

1. Konawe Selatan: Pertahankan Urutan Teratas

Konawe Selatan menduduki peringkat pertama dengan populasi penduduk miskin sekitar 36,17 ribu jiwa pada tahun 2021.

Baca juga: MABA Asal Denpasar Murka! Usai Tak Masuk 4 Universitas Terbaik di Bali yang Lebih Didominasi Mahasiswa Luar, Nomor 1 Tempati UniRank Ke-38 Ditingkat Nasional

Baca juga: Siapa Pacar Dimas Dirga Melip Meninggal Dunia? Selebgram Asal Surabaya yang Meninggal Dunia Lengkap Umur, Agama, Pasangan Hingga Akun Instagram

Namun, terdapat penurunan kecil dalam jumlah ini pada tahun 2023, dengan sekitar 35,79 ribu jiwa yang masih hidup dalam kondisi kemiskinan.

2. Konawe: Urutan Kedua yang Konsisten

Konawe menduduki peringkat kedua dalam daftar ini. BPS mencatat jumlah penduduk miskin sekitar 32,46 ribu jiwa pada tahun 2021. Meskipun terjadi penurunan pada tahun 2022, angka ini tetap signifikan, yaitu sekitar 32,09 ribu jiwa.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU