Pabrik Kertas Terkemuka di Jawa Timur Ini Tiba-Tiba Menghadapi Kebangkrutan, Mengapa Begitu? Dari Kejayaan Hingga Kegagalan

Pabrik Kertas Terkemuka di Jawa Timur Ini Tiba-Tiba Menghadapi Kebangkrutan, Mengapa Begitu? Dari Kejayaan Hingga Kegagalan

pabrik-JuergenPM/pixabay-

Namun, pada tanggal 25 September 2018, kabar buruk pun datang. PT Kertas Leces, begitu pabrik ini dikenal, akhirnya dinyatakan bangkrut. Hutang yang telah menumpuk menjadi beban yang tak tertahankan dan tak dapat dilunasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2023 harus mengambil tindakan drastis. Pabrik kertas yang telah berdiri selama 83 tahun ini harus resmi ditutup.


Ini bukanlah keputusan yang mudah, mengingat betapa bersejarahnya pabrik ini bagi Jawa Timur dan Indonesia secara keseluruhan.

Baca juga: Bangka Tengah Mulai Berontak pada Kepulauan Bangka Belitung! Tak Terima Masuk Salah Satu dari 3 Wilayah Termiski se-Bangka Raya, Belitung Timur Masuk Gak Ya?

Baca juga: Ada Apa dengan Sulawesi Tengah? Ternyata Terungkap Fakta Menarik Dibalik Provinsi Luas Ini, Punya Oleh-Oleh Khas Beda dari yang Lain!


×

Untuk menutupi hutang senilai Rp 1 triliun, semua aset dari PT Kertas Leces harus dijual. Ini adalah akhir yang pahit untuk salah satu pabrik kertas tertua dan terhormat di Indonesia, yang pernah berjaya dan kemudian menghadapi tantangan yang tak teratasi.

Kisah PT Kertas Leces adalah cerminan perjalanan panjang industri manufaktur di Indonesia, dengan puncak kejayaan dan titik terendah yang memilukan.

Semoga cerita ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua tentang pentingnya manajemen keuangan yang bijak dalam menjalankan bisnis.

***

Editor: Tika Rosmala
TAG: #pabrik kertas #daerah indonesia #provinsi jawa timur #bangkrut #gagal
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU