Ada Apa dengan Sulawesi Tengah? Ternyata Terungkap Fakta Menarik Dibalik Provinsi Luas Ini, Punya Oleh-Oleh Khas Beda dari yang Lain!

Ada Apa dengan Sulawesi Tengah? Ternyata Terungkap Fakta Menarik Dibalik Provinsi Luas Ini, Punya Oleh-Oleh Khas Beda dari yang Lain!

pulau-Schäferle/pixabay-

Redaksi.co.id - Ada Apa dengan Sulawesi Tengah? Ternyata Terungkap Fakta Menarik Dibalik Provinsi Luas Ini, Punya Oleh-Oleh Khas Beda dari yang Lain!

Sulawesi Tengah adalah salah satu permata yang tersembunyi di pulau Sulawesi yang telah mengukir namanya sebagai provinsi dengan karakter unik dan menarik.


Terlepas dari julukan cuaca yang panas dan menyengat, wilayah ini menawarkan lebih banyak lagi untuk dijelajahi. Mari kita simak beberapa fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui tentang Sulawesi Tengah.

Baca juga: SELAMAT! Kalimantan Selatan Punya Jalan Tol Sepanjang 160 Kilometer di Tahun 2024 Mendatang, Ada Bocoran Lokasi Pembangunannya?

Baca juga: Sempat Pailit Mall Termegah di Tarakan Kalimantan Utara ini Pernah Dilelang Rp 215 Miliar, Kok Bisa Gak Laku?


×

1. Wilayah Terluas di Indonesia Sulawesi Tengah memegang predikat sebagai provinsi dengan wilayah terluas di Indonesia.

Dengan luas sekitar 61.841 kilometer persegi, provinsi ini menjadi tempat bagi beragam keindahan alam dan budaya yang tak terhitung jumlahnya.

2. Gerhana Total yang Bersejarah Wilayah Sulawesi Tengah pernah menjadi saksi sejarah sebuah gerhana total yang tak terlupakan.

Tugu GMT 9 Maret yang berdiri megah di Kota Palu mengabadikan momen bersejarah ini. Pengalaman unik ini menambah daya tarik provinsi ini bagi para penelusur sejarah.

Baca juga: Luasnya Bisa Capai 36,962 Km Daerah Ini Patut Jadi Calon Ibukota Provinsi Baru Pemekaran Kalimantan Timur Usai Punya Laut Kelas Dunia yang Buat Iri Hawai? Hah Seriusan Ini?

Baca juga: Apa Tujuan Sembatan Selat Sunda Dibangung? Simak Fakta Mengerikan Pembanguna Jembatan Termahal di Dunia yang Habiskan Rp 225 Triliun

3. Kelezatan Makanan Khas Ketika berada di Sulawesi Tengah, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khasnya.

Salah satunya adalah kaki lembu Donggala, yang terbuat dari ruas tulang lutut yang lezat. Tidak hanya itu, uvempoi, hidangan yang terbuat dari tulang rusuk sapi, juga menjadi hidangan yang tak boleh dilewatkan.

4. Bawang Goreng yang Istimewa Sulawesi Tengah memiliki oleh-oleh khas berupa bawang goreng yang sangat istimewa.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU