Gunung Setinggi 3,256 Meter di Jawa Tengah Ini Buat Larangan Bagi Pendaki Pakai Baju Warna Hijau, Kok Iso? Mitos Gunung Lawu Ini Dipercaya Masyarakat Sekitar

Gunung Setinggi 3,256 Meter di Jawa Tengah Ini Buat Larangan Bagi Pendaki Pakai Baju Warna Hijau, Kok Iso? Mitos Gunung Lawu Ini Dipercaya Masyarakat Sekitar

gunung-pexels-

Gunung Lawu terkenal akan legenda dan mitos yang menghampar di sekelilingnya.

Katanya, setiap pendaki harus menghormati dan mengikuti mitos-mitos ini, karena melanggar bisa mengundang bencana.


Lalu, apa sajakah mitos-mitos menarik yang melingkupi gunung kelima tertinggi di Pulau Jawa ini? Mari kita simak paparannya berikut ini.

Salah satu mitos yang beredar adalah bahwa Gunung Lawu memiliki semacam roh atau jiwa yang menjadikannya layaknya makhluk hidup.

Baca juga: Ternyata Anak Orang Kaya! Ini Agama Jay ENHYPEN, Lengkap Profil dan Biodata Sosok yang Suka dengan Pororo


×

Sebagai makhluk yang hidup, gunung ini mampu mendengar suara-suara yang terdengar di atas puncaknya, termasuk suara-suara para pendaki.

Oleh karena itu, muncul larangan untuk tidak berbicara hal-hal aneh di sini. Sebab, suara-suara semacam itu dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Contohnya, saat berbicara tentang rasa lelah atau ketidakmampuan dalam pendakian, atau saat berkemah mengeluhkan tentang cuaca yang dingin. Entah kita percayai atau tidak, kata-kata semacam itu dapat memengaruhi kenyataan.

Tiba-tiba rasa lelah yang sebelumnya tak terasa menjadi nyata, atau cuaca yang semula normal berubah menjadi sangat dingin. Pengendalian bicara menjadi kunci penting di Gunung Lawu.

Memang benar, tak ada masalah jika kita memilih baju dengan warna apapun saat mendaki, selama itu membuat kita nyaman.

Namun, jika ingin menaklukkan Gunung Lawu, sebaiknya pertimbangkan pilihan setelan dengan cermat. Hindari pemilihan baju dengan warna hijau daun.

Baca juga: Fakta Menarik yang Jarang Diketahui, Inilah 3 Potensi Hasil Tambang Unggul di Kabupaten Bungo! Tebak Bongkahan Emas atau Timah?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU