Asal-Usul 4 Nama Daerah Unik Bin Ajaib di Tanah Batak Sumatera Utara, Ada Labuhanbatu dengan Kisah Pelabuhan Batu Hingga Binjai Jejak Bagi Para Pedagang

Asal-Usul 4 Nama Daerah Unik Bin Ajaib di Tanah Batak Sumatera Utara, Ada Labuhanbatu dengan Kisah Pelabuhan Batu Hingga Binjai Jejak Bagi Para Pedagang

desa-ChiemSeherin/pixabay-

Mari kita jelajahi lebih dalam cerita di balik nama-nama ini.

1. Labuhanbatu: Kisah Pelabuhan Batu yang Berkembang


Menurut informasi dari laman resmi Kabupaten Labuhanbatu Utara, nama Labuhanbatu berasal dari peristiwa pada tahun 1863 ketika Angkatan Laut Belanda datang ke sebuah kampung.

Pada saat itu, Belanda tengah membangun kapal dari batu beton di kampung tersebut, dan tempat ini kemudian menjadi tempat persinggahan kapal-kapal.

Seiring berjalannya waktu, kampung ini tumbuh menjadi sebuah pemukiman besar yang dikenal sebagai Pelabuhanbatu.


×

Penduduk setempat kemudian lebih suka menyebutnya dengan singkatan 'Labuhanbatu' untuk mempersingkat nama yang panjang.

Baca juga: Seru Berbelanja! 10 Mall Terfavorit di Padang yang Wajib Dikunjungi untuk Menemukan Barang Idamanmu, Ada Diskon Besar-Besaran?

2. Tapanuli: Wilayah dengan Kehidupan Seimbang

Di Sumatera Utara, terdapat beberapa kabupaten dengan nama 'Tapanuli', termasuk Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan Tapanuli Selatan.

Nama 'Tapanuli' berasal dari gabungan dua kata, yaitu 'tapan' dan 'nauli', yang artinya wilayah yang mampu memenuhi semua unsur kehidupan.

3. Kota Binjai: Jejak Para Pedagang

Siapa sangka, Kota Binjai juga memiliki asal-usul nama yang menarik.

Dahulu, daerah ini adalah tempat berkumpulnya para pedagang dari Dataran Tinggi Kara dan Langkat. Pada masa itu, daerah ini masih berupa kampung kecil.

Para pedagang ini sering menyebut tempat ini dengan nama 'Binjai', yang berasal dari kata 'binjei' (ben-i-jei) dalam bahasa Kara, yang artinya adalah bermalam di sini.

Hal ini terjadi karena pekerjaan mereka, yang seringkali memerlukan bermalam di daerah ini sebelum kembali ke daerah masing-masing.

Baca juga: Apa Kepanjangan Tapanuli? Intip 4 Daerah dengan Nama yang Berasal dari Singkatan di Sumatera Utara, Labuhanbatu dan Sibolga Apa?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU