Belum Ada 1 Dekade? Deretan Kota Termuda di Indonesia yang Punya Perkembangan Pesat dan Maju! Kecil-kecil Cabe Rawit

Belum Ada 1 Dekade? Deretan Kota Termuda di Indonesia yang Punya Perkembangan Pesat dan Maju! Kecil-kecil Cabe Rawit

kota termuda-mubakab.go.id-mubakab.go.id

REDAKSI.co.id - Indonesia, sebagai negara kepulauan yang kaya akan keragaman budaya dan geografi, telah menyaksikan perkembangan pesat di berbagai bidang.

Salah satu fenomena menarik adalah kemunculan kota-kota termuda di Indonesia yang merupakan hasil dari pemekaran wilayah maupun kecamatan.


Terdapat lima kota termuda yang telah menyaksikan pertumbuhan pesat ini, membawa perubahan dan potensi baru bagi masyarakatnya.

Salah satu yang menarik perhatian adalah kota paling muda di antara mereka, yang baru berusia 6 tahun dan berhasil menempati posisi teratas sebagai kota termuda di Indonesia.

Di sisi lain, terdapat juga kota yang, meski masih tergolong muda, telah berusia 14 tahun. Pertanyaannya, apakah kotamu termasuk dalam kategori ini?


×

Baca juga: Malang dan Yogyakarta Gagal Jadi Kota Pelajar Usai Wilayah dengan Luas 167,3 km² ini Punya Universitas Terbaik Nomor 1 di Indonesia Berusia 73 Tahun, Hayo Bisa Tebak?

Mari kita eksplorasi lebih lanjut mengenai 5 kota termuda di Indonesia yang telah dihimpun dari berbagai sumber terpercaya:

1. Kota Gunungsitoli

Kota Gunungsitoli resmi menjadi wilayah otonom pada tanggal 26 November 2008. Berlokasi di Provinsi Sumatera Utara, kota ini adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Nias.

Mayoritas penduduknya adalah suku Nias. Dengan usia 14 tahun, Gunungsitoli menjadi salah satu contoh kota termuda yang telah mengalami perkembangan signifikan dalam waktu yang relatif singkat.

2. Kota Tangerang Selatan

Pada 29 Oktober 2008, Kota Tangerang Selatan secara resmi terbentuk. Dengan usia yang sama, yaitu 14 tahun, dengan Kota Gunungsitoli, Tangerang Selatan awalnya merupakan bagian dari Provinsi Banten.

Transformasi menjadi kota otonom membawa perubahan besar dalam struktur pemerintahan dan pembangunan di wilayah ini.

Baca juga: Wow! Pemekaran Wilayah Jawa Barat Bakal Ada 2 Provinsi Baru, Termasuk Bandung akan Memisahkan Diri?

3. Kota Sungai Penuh

Kota Sungai Penuh, yang diresmikan pada 8 Oktober 2009, menjadi pusat pertumbuhan di Provinsi Jambi pada waktu itu. Pemekaran dari Kabupaten Kerinci membawa lahirnya kota ini.

Dengan usia 13 tahun, Sungai Penuh telah menunjukkan kemajuan yang luar biasa dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Baca juga: Makin Sempit! Inilah 3 Daerah Terkecil di Kabupaten Pati Jawa Tengah, Gara-gara Hasil Pemekaran Wilayah!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU