Potensi di Wilayah Pemekaran Sulawesi Utara dan Kisah Kilau Tambang Emas Megah yang Dioperasikan oleh Wirausahawan Indonesia, Tebak Lokasinya di Mana?

 Potensi di Wilayah Pemekaran Sulawesi Utara dan Kisah Kilau Tambang Emas Megah yang Dioperasikan oleh Wirausahawan Indonesia, Tebak Lokasinya di Mana?

Potensi di Wilayah Pemekaran Sulawesi Utara dan Kilau Tambang Emas Megah yang Dioperasikan oleh Wirausahawan Indonesia, Tebak Lokasinya di Mana?-12019 /pixabay-

Redaksi.co.id - Potensi di Wilayah Pemekaran Sulawesi Utara dan Kisah Kilau Tambang Emas Megah yang Dioperasikan oleh Wirausahawan Indonesia, Tebak Lokasinya di Mana?

Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Utara telah membawa dampak besar bagi daerah ini. Salah satu aset berharga yang tersembunyi di balik perubahan ini adalah tambang emas Toka Tindung, yang merupakan salah satu tambang emas terbesar di Indonesia.


Tambang ini terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara dan dikelola oleh PT Archi Indonesia Tbk, yang merupakan perusahaan milik pengusaha terkemuka, Peter Sondakh.

Baca juga: Nabung Yuk! Harga Tiket Konser Kim Sejeong di Jakarta Oktober 2023, Simak Jadwal dan Benefit Ikut Konser

Baca juga: Semarang Kalah Jauh, Indramayu Punya 9 Nama Desa Unik yang Berasal dari Kat-Kata Nyentrik Nomor 3 Sering Digunakan Cewek-Cewek Saat Bertengkar


×

Lahan tambang emas Toka Tindung seluas 40 hektar ini menjadi perpaduan antara teknologi modern dan tanggung jawab lingkungan yang tinggi.

Tambang emas ini bukan hanya menjadi sumber kekayaan, tetapi juga menjadi simbol keberhasilan dan inovasi dalam pengelolaan harta karun di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Utara telah membawa keberkahan bagi empat kabupaten yang menjadi penghasil emas terbesar di daerah ini, yaitu Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Baca juga: Urang Sunda Ngarti Teu? Berjarak 121 Km dari Bandung, Pendopo Bupati Mistis di Majalengka Ini Punya Kisah Mistis Dihuni Sosok Berhantu

Baca juga: Kisah Kelam Tragedi Bangkrutnya Pabrik Karet Terbesar di Indonesia yang ada di Bengkulu, 20 Tahun Berdiri Kini Hanya Sisakan Puing-Puing Penuh Misteri, PHK 201 Pekerja

Sementara itu, lima perusahaan pemegang kontrak karya dari Pemerintah Pusat untuk tambang emas juga turut berkontribusi dalam kemakmuran daerah ini.

Perusahaan-perusahaan tersebut adalah PT Tambang Tondano Nusajaya, PT Gorontalo Sejahtera Mining, PT J Resources Bolaang Mongondow, PT Tambang Mas Sangihe, dan PT Meares Soputan Mining.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU