Bukan di Solo Apalagi Semarang! Pabrik Gula Berusia 166 Tahun ini jadi Saksi Bisu Sejarang RI, Namun ini Naas Nasibnya Harus Bangkrut Akibat Lilitan Hutang

Bukan di Solo Apalagi Semarang! Pabrik Gula Berusia 166 Tahun ini jadi Saksi Bisu Sejarang RI, Namun ini Naas Nasibnya Harus Bangkrut Akibat Lilitan Hutang

pabrik-BernhardJaeck/pixabay-

Salah satunya adalah Pabrik Gula Comal Baru, yang dapat dikatakan sebagai pabrik gula tertua di Jawa Tengah.

Pabrik ini telah berusia 166 tahun sejak didirikan pada tahun 1857.


Pabrik Gula Comal Baru berlokasi di Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Awalnya, pabrik ini didirikan oleh pengusaha Belanda bernama Oost-Indische Maatschappij van Administratie en Lijfrente te Batavia.

Baca juga: 355 Km dari Kota Yaman! Sumur Ini Dikenal Jadi Sumur Neraka Tempatnya Para Jin, Hah Kok Bisa? Masyarakat Percaya Hal Ini


×

Pabrik ini beroperasi selama 15 tahun sebelum berpindah tangan ke seorang konglomerat bernama Van der Wijk pada tahun 1872.

Sayangnya, nasib buruk menimpa pabrik ini ketika sang konglomerat tutup usia pada tahun 1874.

Pabrik Gula Comal Baru akhirnya beralih kepemilikan ke tangan saudara-saudaranya.

Di bawah kendali ketiga saudara Van der Wijk, pabrik gula ini berkembang pesat dan menjadi salah satu yang paling sukses di Jawa Tengah.

Kejayaan Pabrik Gula Comal Baru berlangsung selama 96 tahun. Pabrik ini terus menggiling tebu dan menghasilkan gula dalam jumlah yang melimpah.

Namun, pada tahun 1970, masa kejayaan pabrik ini harus berakhir.

Baca juga: My Happy Marriage Episode 10 Rilis Kapan? Simak Jadwal Terbaru Beserta Sinopsis Baru: Miyo Mulai Terima Takdir Baik?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU