AWAS! Modus Penipuan Keuangan Baru - Viral Soceng, Begini Tips Aman Terhindar dari Penipuan Soceng atau Phising

AWAS! Modus Penipuan Keuangan Baru - Viral Soceng, Begini Tips Aman Terhindar dari Penipuan Soceng atau Phising

atm--

REDAKSI.co.id–WASPADA! Modus Penipuan Baru, Viral Soceng, Begini Tips Aman Terhindar dari Penipuan Soceng.

Apa Itu Modus Penipuan Soceng? Begini Tips Agar Tidak Tertipu Menurut OJK. Awas waspada modus penipuan baru, marak kejahatan keuangan digital bisa sebabkan kerugian tak berujung.


Makin marak, di Indonesia masih kerap dijumpai modus penipuan Soceng yang dapat meneror siapa saja. Ada banyak kasus di mana nasabah menjadi korban "penipuan rekening" dan kehilangan uang dengan waktu sekejap.

Lalu apa itu penipuan Soceng?

Social Engineering alias Soceng merupakan kejahatan yang menyasar sektor keuangan di era serba digital, hingga kejahatan ini melibatkan perbankan.


×

Friderica Widyasari Dewi, anggota Dewan Komisioner Otoritas Keuangan alias OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen mengungkapkan bahwa modus kejahatan memang meningkat di era digital ini.

Contoh yang kerap terjadi belakangan ini ialah kejahatan Phising, merupakan sebuah tindakan yang memancing korban untuk membeberkan informasi rahasia.

"Pelaku kejahatan memanfaatkan kelengahan konsumen dalam menjaga data pribadi," ujarnya dilansir dari Kompas pada Jumat 11 November 2022.

Lebih lanjut, ia membeberkan bahwa, nanti korban atau nasabah akan terpikat dengan cara mengirimkan pesan palsu, yang bisa berupa email, website, pesan media sosial, atau komunikasi elektronik lainnya.

Bahkan beberapa waktu belakangan beredar selebaran yang mengatasnamakan sebuah instansi Bank nasional.

Selebaran tersebut meminta agar nasabah mau mengisi formulir untuk menyetujui mengenai tarif transfer Rp 150.000 per bulan untuk Unlimited transaksi.

"Modus soceng seperti ini perlu diberantas dengan literasi keuangan pada nasabah," imbuh dia.

"Kita terus menghimbau perbankannya juga untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada nasabahnya," timpal dia.

Menurut dia, OJK akan terus mengacu pada prinsip kehati-hatian dalam kerangka pengawasan secara mikro guna melindungi konsumen.

Hal ini perlu didukung juga oleh konsumen yang belajar dan memahami bagaimana melakukan serangkaian pencegahan kejahatan tersebut.

Simak cara terhindar dari penipuan Soceng dan tips meminimalisir penipuan Phising, ada pada halaman berikutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU