Tragedi Pabrik Kertas di Jawa Timur yang Sudah Ada Selama 83 Tahun: Bagaimana Bisa Bangkrut Hingga Semua Aset Terpaksa Dilepas?

Tragedi Pabrik Kertas di Jawa Timur yang Sudah Ada Selama 83 Tahun: Bagaimana Bisa Bangkrut Hingga Semua Aset Terpaksa Dilepas?

pabrik-Foto-Rabe/pixabay-

Ini disebabkan oleh akumulasi hutang yang tak terbayarkan yang menjadi beban terlalu berat untuk diemban. Nama pabrik ini adalah PT Kertas Leces, yang terletak di Leces, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Setelah menghiasi peta industri selama lebih dari delapan dekade, pabrik kertas ini akhirnya menghadapi titik akhirnya pada tahun 2023. Presiden Jokowi harus mengambil keputusan sulit untuk menutup pabrik ini.


Penutupan ini bukan tanpa konsekuensi. Untuk mencoba menutupi sejumlah besar hutang senilai Rp 1 triliun, semua aset PT Kertas Leces harus dijual.

Baca juga: Bangka Tengah Mulai Berontak pada Kepulauan Bangka Belitung! Tak Terima Masuk Salah Satu dari 3 Wilayah Termiski se-Bangka Raya, Belitung Timur Masuk Gak Ya?

Baca juga: Ada Apa dengan Sulawesi Tengah? Ternyata Terungkap Fakta Menarik Dibalik Provinsi Luas Ini, Punya Oleh-Oleh Khas Beda dari yang Lain!


×

Dalam cerita yang berakhir sedih ini, kita tidak hanya kehilangan sebuah pabrik kertas bersejarah, tetapi juga banyak pekerjaan dan kenangan yang telah diukir selama bertahun-tahun.

Semoga kisah ini mengingatkan kita akan pentingnya menjaga keberlanjutan industri di Indonesia, dan bagaimana tantangan ekonomi dapat mempengaruhi bahkan pilar-pilar yang kuat dalam industri negara ini.

***
Editor: Tika Rosmala
TAG: #pabrik kertas #daerah indonesia #provinsi jawa timur #bangkrut #gagal
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU