Warga Jabar Sudah Tahu? Perkembangan Rencana Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Keluarkan 14 Kabupaten Ini!

Warga Jabar Sudah Tahu? Perkembangan Rencana Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Keluarkan 14 Kabupaten Ini!

Jawa barat-disparbud.jabarprov.go.id-disparbud.jabarprov.go.id

REDAKSI.co.id - Jawa Barat, sebuah Provinsi yang memiliki luas wilayah terbesar dan juga menjadi salah satu daerah dengan penduduk terpadat di Pulau Jawa.

Provinsi ini terdiri dari 18 Kabupaten dan 9 Kota, mencakup area seluas 35.377,76 km persegi. Pada tahun 2021, jumlah penduduk Provinsi Jawa Barat mencapai hampir 50 juta jiwa.


Ibu Kota dan pusat pemerintahan terletak di Kota Bandung, sebuah kota yang dikenal dengan dinamika budaya, pendidikan, dan ekonomi.

Belakangan ini, muncul wacana menarik tentang kemungkinan pemekaran Provinsi Jawa Barat menjadi dua Provinsi baru.

Baca juga: Update Spoiler Manhwa Solo Max Level Newbie Chapter 117 Sub Indo: Melina dan Jinhyuk Mulai Alami Masalah Besar


×

Konsep ini, seandainya terealisasi, akan mengubah tata kelola wilayah yang ada saat ini.

Dua calon Provinsi baru yang diusulkan untuk dimekarkan dari Jawa Barat adalah Provinsi Bogor Raya atau Pakuan Bagasasi, serta Provinsi Cirebon.

1. Provinsi Bogor Raya atau Pakuan Bagasasi

Provinsi Bogor Raya atau Pakuan Bagasasi merupakan salah satu usulan untuk dimekarkan dari Provinsi Jawa Barat. Usulan ini melibatkan 8 Kabupaten dan Kota yang akan bergabung menjadi Provinsi baru ini, yaitu:

  1. Kabupaten Bekasi
  2. Kabupaten Bogor
  3. Kabupaten Sukabumi
  4. Kabupaten Cianjur
  5. Kota Bekasi
  6. Kota Sukabumi
  7. Kota Depok
  8. Kota Bogor

Ibu Kota dari Provinsi Bogor Raya atau Pakuan Bagasasi direncanakan akan berada di Kota Bogor, sebuah kota dengan pesona alam yang kental.

Baca juga: Langganan Para Jin! Warung Terpencil di Ponorogo ini Terkenal Ramai Walaupun Terletak di Tengah Hutan, Benarkah untuk Tempat Pesugihan?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU