Tembus Perut Bumi! Tol Penghubung Yogyakarta-Bawen Membentang Sejauh 75,82 Kilometer ini Telan Dana Sebesar 14,2 Triliun, Kok Bisa Sih?

Tembus Perut Bumi! Tol Penghubung Yogyakarta-Bawen Membentang Sejauh 75,82 Kilometer ini Telan Dana Sebesar 14,2 Triliun, Kok Bisa Sih?

jalan tol-PublicDomainPictures/pixabay-

Pemerintah menargetkan penyelesaian pembangunan seksi 1 hingga 5 pada akhir tahun 2023, sementara seksi 6 diharapkan selesai pada November 2024.

Apa yang membuat Tol Yogyakarta-Bawen begitu menarik? Salah satu ciri uniknya adalah cara proyek ini menyeberangi perbukitan.


Berbeda dari tol-tol lainnya, Tol Yogyakarta-Bawen memutuskan untuk tidak merusak keindahan perbukitan dengan membelahnya.

Sebaliknya, mereka memilih solusi yang lebih berkelas, yaitu membangun terowongan.

Tol ini, dengan bangga, akan menembus perut perbukitan dengan pembangunan dua terowongan sekaligus.


×

Keputusan ini diambil agar keindahan perbukitan tetap terjaga, terutama karena daerah perbukitan ini merupakan tujuan wisata yang populer.

Selain memberikan dampak positif pada konektivitas di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, proyek ini juga menjadi bukti komitmen pemerintah untuk melestarikan alam sekitar.

Baca juga: Fakta Baru Kasus 2 Bayi Tertukar di Bogor, Kedua Orang Tua Resmi Tuntut Rumah Sakit dan Siap Ambil Jalur Hukum

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU