Wilayah Baru Pemekaran Nusa Tenggara Barat Ini Disebabkan Wilayahnya Padat, Jangan Kaget Nomor Satu Pasti Masuk Wacana Jumlah Penduduknya Bisa Tembus 7,084 Persegi

Wilayah Baru Pemekaran Nusa Tenggara Barat Ini Disebabkan Wilayahnya Padat, Jangan Kaget Nomor Satu Pasti Masuk Wacana Jumlah Penduduknya Bisa Tembus 7,084 Persegi

daerah-tom-fisk/pexels-

Kemudian, Kabupaten Lombok Tengah dengan jumlah penduduk laki-laki sebanyak 295.630 jiwa dan perempuan sebanyak 302.820 jiwa.

Tak ketinggalan, Kabupaten Lombok Barat juga menjadi daerah dengan kepadatan penduduk tinggi. Kabupaten ini memiliki jumlah penduduk laki-laki sebanyak 281.252 jiwa dan perempuan sebanyak 290.346 jiwa pada tahun 2022.


Sementara itu, Kabupaten Sumbawa memiliki jumlah penduduk laki-laki sebanyak 484.321 jiwa dan perempuan sebanyak 491.374 jiwa.

Dengan kepadatan penduduk yang tinggi, wilayah-wilayah di NTB ini menawarkan berbagai potensi dan peluang, terutama di bidang ekonomi dan pariwisata.

Namun, tetap diperlukan pengelolaan yang baik agar keindahan alam dan kearifan lokal di daerah ini dapat tetap terjaga.


×

Baca juga: Kabupaten Ini Digadang Bakal Jadi Calon Ibukota Baru Jawa Tengah, Hah Kok Bisa? Punya IPM Tertinggi 84,5 Persen, Semarang Kalah Jauh

Baca juga: 98,5 Km dari Semarang! Terdapat Pabrik Sarung Terbesar di Jawa Tengah Mampu Berjaya Selama 51 Tahun Namun Harus Tumbalkan 1.627 Karyawan, Wong Jateng Pasti Tau!

1. Kota Mataram 

Kota Mataram menjadi salah satu daerah teramai dengan kepadatan penduduk mencapai 7.048 per kilometer persegi.

2. Kabuoaten Lombok Tengah 

Kabupaten ini juga masuk dan menjadi salah satu daerah terpadat di NTB dengan jumlah penduduk mencapai 898 per kilometer persegi.

3. Kabupaten Lombok Timur 

Kabupaten Lombok Timur ini masuk menjadi wilayah degan penduduk terpadat dengan jumlah mencapai 837 per kilometer persegi.

4. Kota Bima 

Kabupaten ini masuk dan menjadi salah satu kabupaten terpadat dengan penduduk 703 per kilometer persegi. 

5. Kabupaten Lombok Barat 

Kabupaten Lombok Barat daerah terpadat ke-5 di NTB dengan jumlah penduduk tahun 2021 yaitu mencapai 694 per kilometer persegi.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU