Berdiri Sejak 25 Tahun Lalu, Bendung Lama Pamarayan: Jejak Bersejarah Hindia Belanda yang Masih Mengagumkan Kini Terbengkalai Akibat...

Berdiri Sejak 25 Tahun Lalu, Bendung Lama Pamarayan: Jejak Bersejarah Hindia Belanda yang Masih Mengagumkan Kini Terbengkalai Akibat...

bendungan-Makalu/pixabay-

Beberapa di antaranya masih berfungsi dengan baik, sementara yang lainnya sudah terbengkalai.

Tidak sedikit dari peninggalan bersejarah ini yang telah diangkat menjadi cagar budaya, dan salah satu di antaranya terletak di Kabupaten Serang, Banten.


Tempat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik perhatian banyak pengunjung.

Desa Wisata Cagar Budaya Bendung Lama Pamarayan adalah tempat yang harus Anda kunjungi jika Anda ingin melihat langsung salah satu peninggalan bersejarah yang menakjubkan ini.

Bendung Lama Pamarayan ternyata adalah bendung terbesar dan pertama yang dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda selama masa pemerintahannya di Indonesia.


×

Bendung Lama Pamarayan memiliki panjang sekitar 191,65 meter, dengan jembatan yang menghiasi permukaannya serta rel lori yang menghubungkannya.

Bangunan ini telah menciptakan ikon yang tak terlupakan dalam sejarah konstruksi bendungan di Indonesia.

Menurut informasi yang dihimpun dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, bendung ini memiliki sepuluh pintu air dengan arsitektur yang terinspirasi dari kuil-kuil di Athena, Yunani.

Baca juga: BTTH S5 Ep 61 62 Sub Indo - Nonton Battle Through the Heavens Season 5 Episode 61 62 Subtitle Indonesia Streaming Legal Bukan Anichin Anixverse

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU