Kabupaten Terluas di Sumatera Utara Digadang Bakal Jadi Calon Daerah Baru Pemekaran Sumut, Bisa Tebak Wilayah Terluas Berapa Jaraknya?

Kabupaten Terluas di Sumatera Utara Digadang Bakal Jadi Calon Daerah Baru Pemekaran Sumut, Bisa Tebak Wilayah Terluas Berapa Jaraknya?

daerah-le-minh/pexels-

6. Kabupaten Padang Lawas

Kabupaten Padang lawas adalah kabupaten di provinsi Sumatera Utara Indonesia yakni hasil pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan.


Ibukota kabupaten ini adalah sibuhuan.  luas wilayah Kabupaten Padang lawas adalah 3912,18 km persegi.

7. Kabupaten Tapanuli Utara

Kabupaten ini merupakan kawasan yang mayoritas penduduknya adalah etnis atau Suku Batak Toba yang beribu kota di Turunjung. Wilayah Kabupaten Tapanuli Utara ini adalah 3.793,71 km persegi.


×

8. Kabupaten Asahan

Mempunyai wilayah seluas 3.732,97 km persegi, ibukota terdahulu Kabupaten Asahan ialah Tanjung balai yang kemudian dimekarkan menjadi kotamadya pada tahun 2020. Kabupaten yang memiliki ibu kota dengan Kisaran ini juga mendapatkan julukan asaban oleh orang eropa. 

9. Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pelabuhan batu Selatan 2021 penduduk Kabupaten ini berjumlah 314.094 jiwa dengan kepadatan 87 jiwa per kilometer persegi luas wilayah total 3596 km persegi.

10. Kabupaten Labuhan Batu Utara

Data Badan Pusat Statistik pelabuhan batu Utara 2021 penduduk Kabupaten ini pada tahun 2020 berjumlah 381.994 jiwa dengan kepadatan 108 jiwa per kilometer persegi.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU