Pemekaran Jawa Tengah! Kabupaten Paling Luas di Provinsi Jasela Hingga Dapat Sebutan Al Catraz Indonesia, Tebak Siapa?

Pemekaran Jawa Tengah! Kabupaten Paling Luas di Provinsi Jasela Hingga Dapat Sebutan Al Catraz Indonesia, Tebak Siapa?

Ilustrasi pemekaran-Mutinka/pixabay-

Pemekaran ini berujung pada pembentukan Provinsi Jawa Selatan, yang dikenal sebagai Jasela, yang saat ini sedang menjadi topik perbincangan hangat di masyarakat.

Provinsi Jawa Tengah sendiri adalah provinsi terbesar ketiga di Pulau Jawa, meliputi lahan seluas 34.337,48 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 37 juta jiwa, tersebar di antara 29 kabupaten dan 6 kota.


Usulan pembentukan Provinsi Jasela muncul melalui pandangan Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Abdul Kholik, dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan di Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tanggal 29 Maret 2022.

Rencana ini akan membentuk wilayah administratif di bagian selatan Jawa Tengah, termasuk beberapa kabupaten yang terletak dalam Karesidenan Banyumas.

Baca juga: Akhirnya Usai! Jembatan yang Mangkrak Selama 15 Tahun di Kalimantan Barat ini Habiskan 19 Miliar dengan Panjang 20 Meter Girdernya, Dijamin Bisa Kokoh 100 Tahun!


×

Baca juga: Kota Literatur Kuno di Jambi Berencana Pemekaran Wilayah, Tapi Bukan untuk Membentuk Provinsi Baru, Melainkan 2 Kabupaten Tambahan!

Seperti Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Purwokerto.

Pemekaran ini sejalan dengan pengembangan tiga poros ekonomi di Jawa Tengah, yang mencakup poros utara, poros timur, dan poros selatan.

Dengan tujuan meratakan hasil pembangunan, memberikan pelayanan yang lebih dekat dengan masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan penduduk.

Selain itu, pemekaran diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pemerintahan dengan pengelolaan wilayah yang lebih terfokus dan terdekat.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU